Laporan Keuangan PT. Gudang Garam Tbk Tahun 2014

Karina Febri Miranda - Blog Softskill

Selasa, 25 April 2017

Pentingnya Kesadaran Hak Asasi Manusia di Indonesia



Hak Asasi Manusia
Hak  Asasi Manusia atau juga disebut HAM adalah hak yang dimiliki oleh setiap orang dari dia lahir sampai mati,tetapi HAM juga sering dilanggar. HAM yang sering dilanggar oleh beberapa negara atau bangsa atau kelompok individu yaitu Hak untuk Hidup. Banyak orang yang Hak untuk hidupnya di siasiakan atau disepelekan yang mana itu harusnya mendapat perlindungan dari suatu Undang-Undang Dasar 1945 pada  Pasal 28 A yang menerangkan "Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupanya".







Kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya hak asasi manusia kian meningkat, namun dibanding dengan negara-negara maju dalam mengembangkan kesadaran tentang hak-hak itu tentu masih jauh ketinggalan. Tetapi sesungguhnya ketertinggalan itu tidaklah sedemikian parahnya. Seperti dibentuknya Komisi Nasional Hak-hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan sebelum Komnas HAM, telah berdiriberbagai LSM yang berdedikasi kepada usaha penegakan hak-hak asasi dan peningkatan kesadarannya dalam masyarakat umum.

Pelanggaran HAM

Di Indonesia pelanggaran HAM tentang Hak untuk hidup masih rentan, 3 faktor yang mempengaruhi adalah krisisnya tingkat ekonomi setiap individu atau kelompok sehingga mereka semena-mena,tingkat kesadaran masyarakat tentang HAM terutama hak untuk hidup yang masih rendah,dan tingkat moral yang masih rendah.Pelanggaran HAM tersebut akan terus berlanjut dan akan berhenti jika 3 faktor tersebut dapat dibenahi.

Contoh pelanggaran HAM yang dilakukan di dalam negeri yaitu pembunuhan seorang brimob yang dianiyaya hingga tewas. Contoh pelanggaran HAM di luar negeri adalah Perang antara Palestina dan Israel yang menewaskan banyak Penduduk sipil Palestina yang tidak memiliki suatu hubungan atau masalah dengan perang.

Upaya Penegakan HAM

Sudah banyak upaya untuk  meningkatkan kesadaran warga negara tentang hak asasi manusia untuk mencgah terjadinya pelanggaran hak asasi manusia. Salahh satunya adalah didalam dunia pendidikan. Pendidikan tentang hak asasi manusia yang dimulai dari tingkat SD sampai dengan tingkat SMA yaitu pada mata pelajaran PKN Serta mata kuliah wajib di kalangan perguruan tinggi.
Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang arti penting keberadaan HAM, pihak terkait sebenarnya sudah melakukan berbagai upaya baik yang bersifat konseptual-strategis maupun teknis-implementatif. Upaya tersebut di antaranya adalah dengan mengeluarkan berbagai peraturan perundang-undangan yang bernuansa HAM, bahkan melakukan amandemen UUD 1945 dengan memasukkan materi HAM yang lebih komprehensif.

Upaya-upaya untuk mewujudkan pemahaman tentang HAM tidak semata-mata tanggung jawab pemerintah pusat maupun pemerintah daerah melainkan dari seluruh lapisan masyarakat. Kita sebagai masyarakat bisa memulai dari hal-hal kecil seperti saling menghormati satu sama lain, karena kita sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri. Kita selalu membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup kita maka sewajarnya jika kita ingin mendapat perlakuan baik yang seharusnya menjadi hak kita sebagai manusia hendaknya kita juga memperlakukan orang lain seperti kita memperlakukan diri sendiri.



Sumber :
http://www.kompasiana.com/firstyliliandita/lemahnya-kesadaran-ham-di-indonesia_54f5dc7aa33311fd518b46f9
http://www.kompasiana.com/adrianfathurstyawan/kurangnya-kesadaran-tentang-hak-asasi-manusia_54f5e3ffa3331135728b45b2
http://vherly.blogspot.co.id/2013/06/artikel-tentang-ham.html
http://cityzen01.blogspot.co.id/2015/03/pentingnya-kesadaran-hak-asasi-manusia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar