Laporan Keuangan PT. Gudang Garam Tbk Tahun 2014

Karina Febri Miranda - Blog Softskill

Rabu, 16 Maret 2016

Sejarah Cisco



Cisco atau tepatnya Cisco System adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1984 oleh dua orang eks-staf Standford University bernama Leonard Bosack dan Sandy K. Lerner. Bisnis utama Cisco meliputi berbagai perangkat internetworking, seperti router, bridge, hub dan switch.
Kisah tentang Cisco System dimulai sekitar tahun 1980 hingga 1981, yaitu setelah Xerox PARC (Palo Alto Resarch Center) menghibahkan beberapa komputer Alto dan Ethernet Card kepada Universitas Stanford. Menurut sumber tertentu komputer Alto merupakan cikal-bakal komputer grafis yang telah mengilhami Steve Jobs (Pendiri Apple Computer) untuk membuat Machintosh yang legendaris. Selain itu, teknologi Ethernet yang digunakan oleh Alto juga telah mengilhami beberapa staf Stanford untuk melakukan riset dibidang jaringan komputer.
Pada mulanya satf Stanford hanya untuk melakukan riset dan bekerja untuk tujuan ilmiah dan pendidikan. Kemudian dua orang staf bernama Leonard Bosack and Sandy K. Lerner menginvestasikan dana pribadi untuk mengembangkan multiprotokol router yang “ditanamkan” dalam perangkat berbentuk “seperti komputer”yang diberi label Cisco.
Ide membuat “bleu box” yang dilengkapi kipas pendingin dan dapat bekerja dengan hanya menancapkan kabel ternyata merupakan ide yang cemerlang. Perangkat router buatan Cisco laris terjual. Cukup banyak perusahaan dan lembaga pendidika merupakan hasil karya beberapa staf Stanford. Sebagian staf Stanford yang mengembangka multiprotokol router telah pindah ke cisco dan menyumbangkan hasil karyanya kepada perusahaan Cisco.
Ketika staf Standford yang lain mengetahuinya maka terjadilah "perang" antara Standford dengan Cisco System. Hal ini hampir saja "mematikan" perusahaan Cisco akibat tuntutan pengacara Stanford atas kewajiban membayar royalti yang cukup besar. disamping kewajiban lainnya dan hak bagi Stanford untuk tetap dapat menggunaka software hasil pengembangan para staf Stanford yang telah menjadi karyawan Cisco.

Sumber Buku CISCO CCNA & Jaringan Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar