Laporan Keuangan PT. Gudang Garam Tbk Tahun 2014

Karina Febri Miranda - Blog Softskill

Selasa, 13 Oktober 2015

Tugas Dampak Negatif dan Positif dalam Kebebasan Pribadi

Dampak Negatif dan Positif dalam Kebebasan Pribadi


Perkembangan teknologi sangat pesat di jaman era globalisasi saat ini. Tekhnologi menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam mempermudah setiap pekerjaan manusia. Salah satunya dalam hal komunikasi. Mudahnya setiap orang untuk berkomunikasi saat ini dimana pun dan kapanpun membawa dampak besar bagi kehidupan. Salah satunya penggunaan media sosial yang semakin menjamur dikalangan masyarakat, khususnya kalangan yang saat ini akan kita bahas yakni kalangan remaja. Selain berbagai dampak positif yang kita dapat dari kemajuan tekhnologi saat ini, terdapat  juga dampak negatifnya yang tidak bisa begitu saja diabaikan. Salah satunya yang sangat  berpengaruh adalah perubahan sifat dan karakter seseorang dari penggunaan alat-alat modern khususnya media komunikasi.
Facebook, twitter, BBM, dan lain sebagainya seperti sudah menjadi trend tersendiri dikalangan para remaja. Berbagai macam media sosial tersebut seolah tidak lagi bisa dipisahkan dari diri remaja itu sendiri. Meski begitu tidak dapat diabaikan pengaruh  penggunaan media sosial membawa berbagai dampak buruk. Yang sampai saat ini juga masih menjadi perdebatan bagaimana cara untukmengatasinya. Melalui tulisan ini akan dibahas berbagai dampak dari penggunaan media sosial khusunya dikalangan remaja sekaligus langkah-langkah untuk mengantisipasinya.

Media Sosial

 Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".
Media sosial mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a.       Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet,
b.      Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper,
c.       Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya,
d.      Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi



Dampak Positif

Media sosial mempunyai banyak dampak positif yang dapat kita ambil, berikut adalah contoh dari dampak positif penggunaan media sosial :
a.       Sebagai sarana komunikasi yang murah dan tanpa batas
b.      Sebagai sarana dalam mencari informasi terbaru yang sedang terjadi di masyarakat
c.       Sebagai media promosi dalam hal bisnis, memudahkan masyarakat yang membuka usaha untuik mempromosikan produk atau jasa mereka
d.      Memudahkan masyarakat dalam melakukan pertukaran data

Dampak Negatif

Selain dampak positif, dampak negatif dari penggunaan media sosial-pun tidaklah sedikit, selain merugikan, dampak negatif dari penggunaanya pun bisa sangat membahayakan di masyarakat, berikut adalah beberapa contoh dari dampak negatif penggunaan media sosial :
a.       Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat  pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahasa tubuh dan nada suara, menjadi berkurang.
b.      Situs jejaring social akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan anak menjadi kurang  berempati di dunia nyata.
c.       Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di jejaring social. Hal ini akan membuat mereka semakin sulit membedakan anatara berkomunikasi di situs  jejaring sosial dan dunia nyata. Hal ini tentunya akan mempengaruhi keterampilan menulis mereka di sekolah dalam hal ejaan dan tata bahasa.

Situs jejaring social adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru di kenal anak kita di internet, menggunakan jati diri yang sesungguhnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar